Unknown


Mental adalah jembatan dimana pikiran kita berjalan menuju tindakan. Jembatan itu akan runtuh, jika ia dilalui oleh benak yang sarat pikiran yang melebihi kemampuan jiwa mewadahinya. Jika yang sebaliknya terjadi, hidup seseorang akan kehilangan efesiensi dan efektifitas.
Sembilan langkah terapi Mental
Langkah-langkah  aplikatif untuk memperbaiki cara kita merasa atau mentalitas kita dapat dirumuskan secara sederhana dalam kalimat berikut :
Pengarahan + penguatan + kontrol + Doa = terapi mental
Pengarahan berarti bahwa perasaan-perasaan kita harus diberi arah yang jelas, yaitu arah yang akan menentukan motifnya. Misalnya, mengapa anda harus gembira atau bersedih. Setiap perasaan haruslah mempunyai alasan lahir yang jelas. Itu hanya mungkin jika perasaan dikaitan secara kuat dengan pikiran kita.
Penguatan berarti kita harus menemukan sejumlah sumber tertentu yang akan menguatkan perasaan itu dalam jiwa kita. Ini secara langsung terkait dengan  unsur keyakinan, kemauan, dan tekad  yang dalam yang memenuhi jiwa, sebelum kita melakukan suatu tindakan.
Kontrol berarti kita harus memunculkan kekuatan tertentu dalam diri yang berfungsi mengendalikan semua warna perasaan diri kita.
Doa berarti bahwa kita mengharapkan adanya dorongan ilahiyah yang berfungsi membantu semua proses pengarahan, penguatan, dan pengendalian bagi mental kita.
Rumusan tersebut kita jabarkan lebih jauh dalam sembilan langkah berikut :
Langkah I
Berusahalah untuk menghadirkan Allah dalam kesadaran anda, dan rasakan bahwa andalah yang paling bertanggungjawab di hadapan-Nya atas diri anda sendiri. Saat anda merasakan adanya kontrol Alloh secara langsung atas diri anda, anda akan menemukan kekuatan tertentu untuk mengendalikan diri dalam melawan godaan kerendahan untuk melakukan kemaksiatan.
Langkah II
Kuatkan rindu anda untuk dapat bertemu  dengan Alloh pada tempat tertinggi dalam surga, sehingga anda berpeluang melihat langsung wajah anda di akhirat nanti. Jika rindu anda tidak terbatas, anda akan merasakan bahwa dorongan batin itu telah muncul dalam diri anda sendiri. Itu akan memberi anda kekuatan untuk melakukan kebaikan.
Langkah III
Pertajam mata hati dan nurani anda, agar ia dapat menangkap setiap gejala dosa sejak dini. Jika anda sensitif terhadap dosa, anda akan menemukan sifat rasional dari nurani. Ini akan membuat anda senantiasa berorientasi masa depan dan selalu terdorong untuk melakukan ibadah-ibadah murni sebagai sumber mata air nurani
Langkah IV
Tenang! Itulah yang harus anda usahakan melekat dalam diri anda dalam segala situasi kejiawaan dan peristiwa kehidupan. Anda akan menjadi lebih tenang jika anda mau, selalu diam (tidak berbicara kecuali sangat penting), mampu menahan amarah, dan tidak mengharap atau terpengaruh dengan komentar dan perhatian orang lain. Sebab, orientasi anda adalah kebenaran, bukan pengakuan.
Langkah V
Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain, baik dengan sanjungan mereka, apalagi dengan kritik mereka. Berusahalah untuk konsisten dengan nilai dan prinsip anda. Untuk itu, anda harus percaya diri dan berusaha menghindari semua tindakan yang tidak beralasan. Ini akan memberi anda orisinalitas kepribadian.
Langkah VI
Kuatkan daya tahan tahan anda terhadap berbagai tekanan hidup dan perubahan- perubahan lingkungan sosial, ekonomi, politik, dan kehidupan secara umum. Untuk itu, anda harus belajar menunda kebutuhan-kebutuhan sesaat anda, khusunya yang bersifat biologis. Lakukanlah puasa dan jangan pernah berhenti bertawakal kepada Allah.
Langkah VII
Belajar  mencintai orang lain dengan cara yang kuat dan jujur. Untuk itu, anda harus belajar memperhatikan memberi dan berkehendak baik pada orang lain.
Langkah VIII
Berusahalah mempertahankan kegembiraan dan kelapangan jiwa anda setiap saat. Berusahalah mempertahankan keceriaan wajah anda, gunakan bahasa yang baik dala komunikasi, dan belajarlah memahami orang lain lebih banyak.
Langkah IX
Hindarilah diri anda dari kekosongan dan kehampaan. Jangan sampai akal anda kosong dari ilmu, jiwa anda kosong dari imam, dan fisik anda kosong dari perilaku yang baik. Kekosongan jiwa bererti membuka pintu bagi stan untuk masuk secara bebas.

Label: edit post
0 Responses

Post a Comment